Mengapa Awan Mendung Terlihat Gelap? | Journal Miss Greget

Mengapa Awan Mendung Terlihat Gelap?


Sahabat nazama, jika kita melihat pada umumnya awan berwarna putih. Air berwarna bening. Tapi yang jadi pertanyaan mengapa sih kok langit mendung warnanya gelap? Nah sahabat nazama ada yang tau gak hayooo????

langit mendung
Ya benar sekali sobat, langit mendung terlihat gelap karena awan menyerap cahaya dan tidak menyebarkannya. Seperti yang kita tahu udara disekitar akan penu dengan uap air dalam bentuk gas. Nah, udara dingin naik ke atas lapisan atmosfer lebih tinggi dan menyebabkan uap air mengembun. inilah proses pembentukan awan. 

Partikel-partikel di atmosfer menghamburkan cahaya dari matahari, tata surya yang gelap, dan akhirnya menghasilkan warna biru pada langit. Jadi, langit berwarna biru karena faktor tersebut. Tapi tidak demikian dengan awan, ia tidak membiaskan warna biru melainkan menyebarkan semua warna cahaya sehingga akhirnya membentuk warna putih. 

Sahabat nazama, karena awan menyerap semua cahaya, maka begitu uap air pembentuk hujan atau salju semakin banyak berkumpul, yang dihasilkan adalah warna gelap (kelabu). Ini terjadi karena begitu tebalnya lapisan air dalam awan tersebut. Berarti, semakin gelap awan yang kita lihat, semakin tebal dan tinggi air yang ada.


Mengapa Awan Mendung Terlihat Gelap?
Title Post: Mengapa Awan Mendung Terlihat Gelap?
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Nur Nazama