SEPUTAR PETA dan GLOBE | Journal Miss Greget

SEPUTAR PETA dan GLOBE


Hai sahabat nazama, kita sedikit cari tahu yuk tentang peta dan globe. Para sahabat nazama sebelumnya sudah tau belum siapakah pembuat peta pertama kali? Lalu mengapa pada awalnya Australia tidak ada di peta? Nah nanti kita bahas setelah admin jelaskan sedikit mengenai pengertian peta dan globe. Peta adalah gambar sebagian atau seuluruh muka bumi yang digambar pada bidang datar dengan skala tertentu.  Sedangka globe adalah peta berbrntuk bulat sepeti bumi. Saat ini peta modern sangat akurat, mau tau nggak kenapa? Karena peta saat ini dibuat dengan bantuan komputer dan foto yang diambil dari satelit di ruang angkasa.



Nah karena tadi admin sudah janji mau bahas masalah siapa yang membuat peta pertama kali. Langsung capsus deh ke TKP.hahahha
Sekitar 5000 tahun yang lalu, orang Mesir dan Babilonia membuat gambar yang digunakan untuk menunjukkan siapa pemilik sebidang tanah dan letak-letak sungai lho..Lalu peta tertua yang ada adalah sebuah lempeng tanah liat yang ditemukan di Irak, yang didalamnya terdapat suatu goresan yang kemungkinan menunjukkan lembah sungai. Setelah kita ngomongin masalah peta. Masalahnya sekarang berbeda. Mengapa dulu peta australia tidak ada? Karena masa itu sekitar tahun 1600-an tidak seorang pun orang bumi belahan utara tau kalau di bumi belahan selatan ternyata ada suatu benua. Para pelaut Cina dan Indonesia mungkin telah menjadi orang luar yang pertama kali mengunjungi Australia, setelah suku aborigin yang mendiami tempat ini 40.000 tahun yang lalu. Pelaut eropa menemukan australia secara kebetulan dimana mereka saat itu salah jalan ketika perjalanan menuju Asia. Penemuan kepulauan yang membentuk benua Oseania baru dibuat pada tahun 1500-an ke depan ketika para pelaut seperti Ferdinand Magellan dan Kapten James Cook melayari bumi belahan selatan. Namun,kepulauan saat itu sudah dihuni oleh orang Polinesia, Melanesia, Mikronesia yang mendiami kepulauan tersebut lebih dari 1000 tahun sebelumnya.

Reverensi dari Tanya & Jawab Bumi Kita oleh Brian Williams


SEPUTAR PETA dan GLOBE
Title Post: SEPUTAR PETA dan GLOBE
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Nur Nazama