Mitos Seputar Menstruasi | Journal Miss Greget

Mitos Seputar Menstruasi


Pernahkah Anda mendengar beberapa mitos seputar haid atau menstruasi yang telah banyak dipercaya wanita??? Lalu apakah mitos itu benar? Mari kita simak teman-teman.



1. Soda
Banyak wanita sudah menganggap soda dapat memperlancar haid, namun faktanya itu salah lo teman-teman. Karena pada dasarnya soda hanya mampu menyegarkan tubuh kita.

2. Air Es
Nah ini yang lebih fenomenal lagi, dan lebih banyak lagi wanita menganggap bahwa es dapat menghambat haid. Mitos ini menurut Dr Frits juga tidak benar. Karena ketika hormon wanita tidak seimbang haidnya tidak teratur. Selain itu ada beberapa faktor yang mempengaruhi diantaranya adalah faktor fisik seperti kelelehan, stres dan penyakit.

3. Sakit Saat Haid Tanda Kista
Mitos ini tidak bisa dikatakan salah maupun benar. Pastinya perlu pemeriksaan dokter ketika Anda rutin merasakan sakit saat haid. Rasa nyeri ini disebabkan oleh faktor posisi rahim. Bila posisi rahim menyebabkan leher rahim (saluran keluarnya darah haid) terjepit, maka akan menimbulkan keluhan nyeri.

4. Bercinta saat haid=Tidak Hamil
Meskipun tengah haid, sperma tetap bisa masuk ke dalam vagina. Sperma yang sudah masuk ini dapat bertahan di vagina selama tujuh hari dan sel telur bisa bertahan selama tiga hari. Jika periode menstruasi seorang wanita tidak benar-benar teratur, maka bisa saja terjadi salah perhitungan, sehingga kehamilan bisa terjadi. 

5.  Haid, tidak boleh Olahraga
Mitos ini tidak benar. Datang bulan bukanlah penghambat seseorang untuk berolahraga. Jika memang rasa nyeri tidak terlalu parah sampai membuat Anda pusing atau mau pingsan, olahraga tetap bisa dilakukan. Namun ada hal yang harus diperhatikan. "Saat haid banyak darah keluar, itu kan cairan, jadi kita harus banyak minum cairan juga sebagai pengganti dan konsumsi zat besi," jelas dr. Grace Tumbakala.

Mitos Seputar Menstruasi
Title Post: Mitos Seputar Menstruasi
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Nur Nazama